TES UJI KEMAMPUAN
OLIMPIADE MATEMATIKA
GUGUS TANGGULUN
![]() |
UJI
DIRI
1.
Beberapa anak sedang mengantri.
Di depan Rudi ada 12 anak dan dibelakang Rudi ada 13 anak. Berapa anak yang
mengantri saat itu ?
2.
Jika kemarin hari rabu, maka
besok adalah hari ?
3.
Satu jam yang lalu waktu menunjukkan
pukul 08.00. Satu setengah jam kemudian waktu menunjukkan pukul ?
4.
Paman tiba di Surabaya pukul 08.10. Paman tiba di Surabaya setelah 4 jam.
Pukul berapa paman berangkat dari Lumajang ?
5.
Dina mengerjakan PR selama 3
jam. Risa mengerjakan lebih cepat 1 jam dari Dina. Jika Risa selesai
mengerjakan pukul 9 malam, maka jam berapa Dina mulai mengerjakan PR ?
6.
Adik lahir 3 tahun setelah aku
lahir. Kakak lahir dua tahun sebelum aku lahir. Jika tahun 2010 kakak berusia
15 tahun, maka adik lahir tahun …
7.
Tahun kemarin adik berusia 9
tahun. 5 tahun yang akan datang berapa usia adik ?
8.
Ahmad, Sindi dan Fakri setiap hari
diberi uang saku masing-masing Rp. 2.500,Rp 3.000 dan Rp 3.500. Apabila uang
mereka dikumpulkan, dalam berapa harikah uang mereka melebihi Rp 80.000,- ?
9.
Nina lebih tua dari Andre namun lebih
muda dari Siti, sedangkan Tino lebih tua dari Surti, Tino lebih muda dari
Andre. Urutkan umur mereka dari yang paling muda!
10.
Sebelas tahun yang lalu usia Fahrul 10
tahun. Berapa usia Fahrul sekarang ?
11.
Bu Mutia mempunyai 16 bunga mawar, dan
anggreknya 8 batang lebih banyak dari mawar. Berapa Jumlah bunga Bu Mutia
seluruhnya ?
12.
Pada suatu lomba lari, Wowo berada pada
urutan ke dua dari depan, sekaligus urutan ke tujuh dari belakang. Berapa
orangkah yang mengikuti lomba lari ?
13.
Usia Hamidah 5 tahun lagi 12 tahun. Usia
Lia 2 tahun lalu 6 tahun. Berapa jumlah usia keduanya sekarang ?
14.
Jika kita menuliskan bilangan 1 – 50,
maka banyaknya angka 3 yang harus kita tulis adalah ….
15.
Disuatu kelas terdapat 5 anak laki-laki.
Jumlah anak perempuan di kelas tersebut dua kali lipat dari jumlah anak
laki-laki. Berapa jumlah siswa seluruhnya di kelas itu ?
16.
Berapa bilangan terkecil dua angka yang
bisa dibagi 4 ?
17.
Sekarang hari sabtu. Jatuh pada hari
apakah 250 hari yang akan datang ....
18.
Umur ayah 5 kali umurku. Umurku sekarang
6 tahun. Maka umur ayahku tahun depan adalah ....
19.
1 + 11 + 21 + 31 + 41 + 51 + 61 + 71 +
81 + 91 = ….
20.
Sepuluh buku matematika disusun
di rak buku, urut dari kiri ke kanan mulai nomor 1 – 20. Buku ke berapa urutan
ke empat dari kanan ?
POLA BERPIKIR
1.
CA


Gantilah A, B
dan C dengan bilangan agar pernyataan menjadi benar !
2. Gunakan angka 1, 2, 3, 4,
5 dan 6 untuk mengisi kotak-kotak berikut sehingg operasinya benar.
![]() |
![]() |
||||||||||||
![]() |
![]() |
![]() |
|||||||||||
![]() |
|||||||||||||
![]() |
|||||||||||||
![]() |
|||||||||||||
3. Bilangan asli 1 sampai 7
disusun membentuk penjumlahan. Susunlah bilangan – bilangan itu sehingga
membentuk pola berikut









Tentukan ukuran luas daerah yang diarsir.
|
4. Dipunyai a, b, dan c merupakan bilangan-bilangan asli berbeda sehingga
![]() ![]()
Tentukan nilai a2 + b2 + c2.
|
|||||||||||
2. Bilangan x
= A2 + B2 dengan A + B meru-pakan merupakan bilangan terbesar sehing-ga 1973AB
habis dibagi 4 dan 7. Tentukan faktor prima terbesar dari x.
|
5.
dan B = (2007)2007.
Tentukan urutan A dan B.
|
|||||||||||
3. Ingatlah
segitiga Pascal.
Tentukan faktor prima terbesar dari
koefisien
suku ke-5 sukubanyak (1 – 2x)5.
|
|
Olimpiade Mat SD./ MI 01
A. SOAL – SOAL EKSPLORASI
1.
|
4. Dengan bahan kubus-kubus yang konruen
Joko membangun menara 4 lantai
seperti tampak pada gambar berikut ini. Berapa banyak kubus yang diperlukan
untuk membangun menara 8 lantai.
![]() |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2. Dipunyai f(x)
+ f(x+1) = –2x2
dan f(31) = 99.
Berdasarkan modal ini, sebagai contoh
dapat
dicari f(32) sebagai berikut:
jelas f(31)
+ f(32) = –2(31)2
Û 99 + f(32) =
–2(31)2
Û f(32) = –2(31)2
– 99.
(a) Tentukan f(33).
(b) Tentukan nilai f(99).
|
5. Bilangan-bilangan asli dapat disusun seperti berikut ini.
Bilangan 2557 terletak di
kolom yang mana?
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3. Ada berapa
angka 9 pada
hasil perkalian
123.456.789
x 999.999.999?
|
|
Olimpiade Mat SD./ MI 02
|
1. When are the short and the long clock hands are coinside for the
second time after 15.00 a clock?
|
4. Tentukan jumlah bilangan-bilangan dari 3 sampai dengan 1004 yang tidak
habis diba- gi 6.
|
|||||||||||||||||||||
2. Jarak
![]() ![]() |
5. In the following figures there exist two concruence circles. In the
first circle the exist a equilateral hexagon and triangle. While in the
second circle exist a erquilateral triangle. If the measure of the radius of
the circle is R, find the ratio of the shaded area on circle (1) and (2).
|
|||||||||||||||||||||
3. Ingat
segitiga Pascal:
Pemanfaatan segitiga Pascal
antara lain:
(10 + 1)2 = 102
+ 2.10.1 + 12
= 10(10 + 2) + 12
= 10 x 12 + 12.
(a)
Nyatakan
(10 + 1)3 dalam bentuk
10 x m
+ 13.
(b)
Nyatakan
(10 + 1)4 dalam bentuk
10 x n
+ 14.
(c) Nyatakan (10
+ 1)5 dalam bentuk
10 x s
+ 15.
(c)
Jika
(10 + 1)p = 10 x t
+ 1p dan p bilangan asli ganjil, nyatakan t
genap ataukah ganjil.
|
|
Olimpiade Matematika SD/ MI 01
B. SOAL – SOAL EKSPLORASI
1. Bagus joins mathematics contest. He gets score 1 (one) if he answer
correctly and he gets score –1 (minus 1) if the answer is wrong. Bagus make
mistakes for the first three questions and true (done well) for next four
questions. And then he gets total score 1 (one). The visualization of Bagus’s
score as follows:
He continues the contest until 11
(eleven) questions. Find the value of probability that Bagus gets score 3
(three).
|
4.
Rumah
tersebut terdiri 15 ruang dan masing masing ruang terpisah oleh dinding.
Contoh:
ruang B
dan G, kedua ruang tidak memiliki dinding yang beririsan, maka dapat diberi
warna yang sama.
Pertanyaan:
(a)
dibutuhkan
(b)
Jika harga 1 kaleng cat
adalah Rp 35.000,00
dan untuk tiap pembelian 4 kaleng cat Paman Dolit mendapatkan
gratis 1 kaleng, maka berapa total
uang yang dibelanjakan Paman Dolit untuk membeli cat?
|
||||||
![]() ![]()
(1) (2) (
![]() |
|||||||
3.
|
5. Ada berapa diagonal dalam
segi-100?
|
Olimpiade Matematika SD/ MI 02
No comments:
Post a Comment